Ged a Widget

Rabu, 06 Maret 2013

Menjadi DOKTER


  • Kita akan bisabelajar banyak hal, antara lain:
  • kita akan mencoba mengetahui seluk beluktubuh sehingga kita bisa mengenal tubuhlebih baik, mulai dari ujung rambut sampaiujung kaki.Bagaimanakah jalur pembuluh darah kita?Bagaimanakan ruangan-ruangan jantung itu?Seperti apakah struktur otak itu?
  • Selain bentuk, kita juga mempelajari bagaimanatubuh bekerja atau berfungsi (fisiologi).Bagaimana tiap organ bekerja sendiri-sendiri ataubersinergi menghasilkan suatu kinerja yang optimalagar tubuh bisa tumbuh dan berkembang secara normalSetelah mempelajari kinerja normal tubuh,kita akan mulai mempelajari bagaimanakinerja yang tidak normal, yang nantinya bisamenyebabkan masalah di tubuh kita (patofisiologi).Dengan demikian kita bisa memprediksi apa yangterjadi di dalam tubuh saat kita sakit.
  • kita akan mempelajari bagaimanahukum-hukum fisika dan reaksi-reaksi kimiaterjadi di dalam tubuh kita setiap saat danmempelajari sel-sel tubuh secara lebihmendalam.
  • mempelajari bagaimana berhubungan denganorang lain secara profesional dan hal-hal yanglayak atau tidak layak dilakukan oleh seorangdokter. Ilmu ini akan menjadi sangat pentinguntuk mendukung profesi seorang dokterkarena kita berinteraksi dengan sesamamanusia maka kita harus selalu mengingatbahwa kita harus memperlakukan pasienseperti kita ingin diperlakukan.
  • mempelajari masalah-masalah yangterjadi di masyarakat,pentingnya masalah,penyebab masalah,mengapa penyakit ataumasalah tersebut menyebar,dan bagaimana kita akan memecahkanmasalah tersebut.
  • kita akan belajar faktor-faktor yang berisikomenyebabkan penyakit dan masalah kesehatanlain.Dengan mengetahui faktor risiko,kita bisa menghindari risiko tersebut agarterhindar dari penyakit karena lebih baikmencegah daripada mengobati.
  • mempelajari bagaimana dokter mengumpulkan informasi-informasi yangdiperlukan untuk menentukan penyakit atau masalah yang dialami pasien.Informasi ini bisa didapatkan dari wawancara dengan pasien atau orang tuapasien (berupa gejala atau symptom), ataupun informasi yang didapatkandari hasil memeriksa pasien (tanda atau sign).Apabila dokter menguasai ilmu di bidangnya dengan baik, denganmenggabungkan gejala dan tanda tersebut, dokter akan mempunyaigambaran tentang apa yang terjadi pada pasien. Dikatakan dengan bisamengorek gejala dan memeriksa tanda dengan baik, maka 80% penyakit ataumasalah yang diduga dokter adalah benar. Kebenaran mutlak tentu sajahanya milik Tuhan. Tetapi dengan informasi yang ada, dokter akan bisamemprediksi apa yang terjadi karena tubuh kita memberitahu apa masalahyang sebenarnya. Untuk meyakinkan prediksi tersebut bisa dilakukanpemeriksaan penunjang, misalnya pemeriksaan darah, kencing, feses, ataufoto rontgen.
  • Setelah penyakit atau masalah diketahui, dokter akan mulaimembuat planning (perencanaan) yang akan dilakukan untukpasien.Terapi yang diberikan kepada pasien tidak hanya berupa obat,tetapi juga meliputi terapi edukasi atau konseling, pemilihan dietatau makanan yang sesuai untuk pasien, imunisasi, atau pemberianterapi penunjang lainnya.Tindakan atau terapi yang diberikan dokter bisa sebagai terapiemergensi untuk pasien yang kondisinya gawat, terapi kausatifuntuk mengobati penyebab penyakit, terapi suportif untukmengurangi gejala yang muncul, atau hanya terapi paliatif yaituterapi yang bisa diberikan untuk meningkatkan kualitas hidupnyakarena terapi lain sudah tidak memungkinkan lagi. Dari sini kitaakan belajar tentang apa yang sebaiknya dilakukan bila kita ataukeluarga kita sakit. Apakah kita perlu mengkonsumsi obat saat kitasakit? Minimal kita bisa menjadi dokter yang baik untuk diri sendiri,untuk keluarga kita dan juga untuk orang-orang disekitar kita.
  • dalam mengelola pasien tidak hanya berhentidengan memberikan resep. Tetapi kita harus bisa merencanakan tindak lanjut yang akandikerjakan untuk pasien.Apakah terapi yang kita berikan memberikanperbaikan kondisi pasien? Atau sama saja? Atau justru kondisinya lebih memburuk? Bila hal initerjadi, adakah penyulit atau masalah padapasien yang menyebabkan pengobatan yangdiberikan tidak optimal? Atau kita harus memikirkan apakah diagnosis kita salah? Atautelah terjadi komplikasi karena beratnyapenyakit pasien itu sendiri?
  • kita akan mencoba memprediksi apayang akan terjadi selanjutnya bila kita sudah tahupenyakit pasien. Kita akan belajar menyimpul kanapakah penyakit tersebut bisa disembuhkan,apakah penyembuhan akan cepat atau perlu waktulama, atau bahkan sulit disembuhkan?Apakah akan terjadi komplikasi atau penyulit?Faktor-faktor apa saja yang berperan sebagaifaktor penentu dalam proses kesembuhan atau ketidaksembuhan pasien? 
  • Nah, itulah yang harus diperhatikan kalau ingin menjadi "DOKER". Jangan mudah menyerah dan harus optimis. :):):) GANBATTE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar